Senin, 23 Juni 2008

Ilmu Mantiq

Definisi dan Urgensi Mantiq

Mantiq adalah alat atau dasar yang penggunaannya akan menjaga kesalahan dalam berpikir. Lebih jelasnya, Mantiq adalah sebuah ilmu yang membahas tentang alat dan formula berpikir, sehingga seseorang yang menggunakannya akan selamat dari cara berpikir salah. Manusia sebagai makhluk yang berpikir tidak akan lepas dari berpikir. Namun, saat berpikir, manusia seringkali dipengaruhi oleh berbagai tendensi, emosi, subyektifitas dan lainnya sehingga ia tidak dapat berpikir jernih, logis dan obyektif. Mantiq merupakan upaya agar seseorang dapat berpikir dengan cara yang benar, tidak keliru. Sebelum kita pelajari masalah-masalah mantiq, ada baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan "berpikir". Berpikir adalah proses pengungkapan sesuatu yang misteri (majhul atau belum diketahui) dengan mengolah pengetahuan-pengetahuan yang telah ada dalam benak kita (dzihn) sehingga yang majhul itu menjadi ma'lûm (diketahui).


Faktor-Faktor Kesalahan Berpikir

  1. Hal-hal yang dijadikan dasar (premis) tidak benar.
  2. Susunan atau form yang menyusun premis tidak sesuai dengan kaidah mantiq yang benar.

Argumentasi (proses berpikir) dalam alam pikiran manusia bagaikan sebuah bangunan. Suatu bangunan akan terbentuk sempurna jika tersusun dari bahan-bahan dan konstruksi bangunan yang sesuai dengan teori-teori yang benar. Apabila salah satu dari dua unsur itu tidak terpenuhi, maka bangunan tersebut tidak akan terbentuk dengan baik dan sempurna.

Sebagai misal, "[1] Socrates adalah manusia; dan [2] setiap manusia bertindak zalim; maka [3] Socrates bertindak zalim".

Argumentasi semacam ini benar dari segi susunan dan formnya. Tetapi, salah satu premisnya salah yaitu premis yang berbunyi "Setiap manusia bertindak zalim", maka konklusinya tidak tepat.

Atau misal, "[1] Socrates adalah manusia; dan [2] Socrates adalah seorang ilmuwan", maka "[3] manusia adalah ilmuwan".

Dua premis ini benar tetapi susunan atau formnya tidak benar, maka konklusinya tidak benar. (Dalam pembahasan qiyas nanti akan dijelaskan susunan argumentasi yang benar).

Ilmu dan Idrak

Dua kata di atas, Ilmu dan Idrak, mempunyai makna yang sama (sinonim). Dalam ilmu mantiq, kedua kata ini menjadi bahasan yang paling penting karena membahas aspek terpenting dalam pikiran manusia, yakni ilmu. Oleh karena itu, makna ilmu sendiri perlu diperjelas. Para ahli mantiq (mantiqiyyin) mendefinisikan ilmu sebagai berikut:

lmu adalah gambaran tentang sesuatu yang ada dalam benak (akal). Benak atau pikiran kita tidak lepas dari dua kondisi yang kontradiktif, yaitu ilmu dan jahil (ketidak tahuan). Pada saat keluar rumah, kita menyaksikan sebuah bangunan yang megah dan indah, dan pada saat yang sama pula tertanam dalam benak gambaran bangunan itu. Kondisi ini disebut "ilmu". Sebaliknya, sebelum menyaksikan bangunan tersebut, dalam benak kita tidak ada gambaran itu. Kondisi ini disebut "jahil".

Pada kondisi ilmu, benak atau akal kita terkadang hanya [1] menghimpun gambaran dari sesuatu saja (bangunan, dalam misal). Terkadang kita tidak hanya menghimpun tetapi juga [2] memberikan penilaian atau hukum (judgement). (Misalnya, bangunan itu indah dan megah). Kondisi ilmu yang pertama disebut tashawwur dan yang kedua disebut tashdiq. Jadi tashawwur hanya gambaran akan sesuatu dalam benak. Sedangkan tashdiq adalah penilaian atau penetapan dengan dua ketetapan: "ya" atau "tidak/bukan". Misalnya, "air itu dingin", atau "air itu tidak dingin"; "manusia itu berakal", atau "manusia itu bukan binatang" dan lain sebagainya. Kesimpulan, ilmu dibagi menjadi dua; tashawwuri dan tashdiqi.

Dharuri dan Nadzari

Ilmu tashawwuri dan ilmu tashdiqi mempunyai dua macam: dharuri dan nadzari. Dharuri adalah ilmu yang tidak membutuhkan pemikiran lagi (aksiomatis). Nadzari adalah ilmu yang membutuhkan pemikiran. Lebih jelasnya, dharuri (sering juga disebut badihi) adalah ilmu dan pengetahuan yang dengan sendirinya bisa diketahui tanpa membutuhkan pengetahuan dan perantaraan ilmu yang lain. Jadi Ilmu tashawwuri dharuri adalah gambaran dalam benak yang dipahami tanpa sebuah proses pemikiran. Contoh: 2 x 2 = 4; 15 x 15 = 225 atau berkumpulnya dua hal yang kontradiktif adalah mustahil (tidak mungkin terjadi) adalah hal yang dharuri. Sedangkan nadzari dapat diketahui melalui sebuah proses pemikiran atau melalui pengetahuan yang sudah diketahui sebelumnya. (Lihat kembali definisi berpikir). Jadi ilmu tashawwuri nadzari adalah gambaran yang ada dalam benak yang dipahami melalui proses pemikiran. Contoh: bumi itu bulat adalah hal yang nadzari.

Kulli dan Juz'i

Pembahasan tentang kulli (general) dan juz'i (parsial) secara esensial sangat erat kaitannya dengan tashawwur dan juga secara aksidental berkaitan dengan tashdiq. Kulli adalah tashawwur (gambaran benak) yang dapat diterapkan (berlaku) pada beberapa benda di luar. Misalnya: gambaran tentang manusia dapat diterapkan (berlaku) pada banyak orang; Budi, Novel, Yani dan lainnya. Juz'i adalah tashawwur yang dapat diterapkan (berlaku) hanya pada satu benda saja. Misalnya: gambaran tentang Budi hanya untuk seorang yang bernama Budi saja. Manusia dalam berkomunikasi tentang kehidupan sehari-hari menggunakan tashawwur-thasawwur yang juz'i. Misalnya: Saya kemarin ke Jakarta; Adik saya sudah mulai masuk sekolah; Bapak saya sudah pensiun dan sebagainya. Namun, yang dipakai oleh manusia dalam kajian-kajian keilmuan adalah tashawwur-thasawwur kulli, yang sifatnya universal. Seperti: 2 x 2 = 4; Orang yang beriman adalah orang bertanggung jawab atas segala perbuatannya; Setiap akibat pasti mempunyai sebab dan lain sebagainya. Dalam ilmu mantiq kita akan sering menggunakan kulli (gambaran-gambaran yang universal), dan jarang bersangkutan dengan juz'i.

Nisab Arba'ah

Dalam benak kita terdapat banyak tashawwur yang bersifat kulli dan setiap yang kulli mempunyai realita (afrad) lebih dari satu. (Lihat definisi kulli ). Kemudian antara tashawwur kulli yang satu dengan yang lain mempunyai hubungan (relasi). Ahli mantiq menyebut bentuk hubungan itu sebagai "Nisab Arba'ah". Mereka menyebutkan bahwa ada empat kategori relasi: [1] Tabâyun (diferensi), [2] Tasâwi (ekuivalensi), [3] Umum wa khusus Mutlaq (implikasi) dan [4] Umum wa Khusus Minwajhin (asosiasi).

  1. Tabâyun, adalah dua tashawwur kulli yang masing-masing dari keduanya tidak bisa diterapkan pada seluruh afrad tashawwur kulli yang lain. Dengan kata lain, afrad kulli yang satu tidak mungkin sama dan bersatu dengan afrad kulli yang lain. Misal: tashawwur manusia dan tashawwur batu. Kedua tashawwur ini sangatlah berbeda dan afradnya tidak mungkin sama. Setiap manusia pasti bukan batu dan setiap batu pasti bukan manusia.
  2. Tasâwi , adalah dua tashawwur kulli yang keduanya bisa diterapkan pada seluruh afrad kulli yang lain. Misal: tashawwur manusia dan tashawwurt berpikir. Artinya setiap manusia dapat berpikir dan setiap yang berpikir adalah manusia.
  3. Umum wa khusus mutlak, adalah dua tashawwur kulli yang satu dapat diterapkan pada seluruh afrad kulli yang lain dan tidak sebaliknya. Misal: tashawwur hewan dan tashawwur manusia. Setiap manusia adalah hewan dan tidak setiap hewan adalah manusia. Afrad tashawwur hewan lebih umum dan lebih luas sehingga mencakup semua afrad tashawwur manusia.
  4. Umum wa khusus min wajhin adalah dua tashawwur kulli yang masing-masing dari keduanya dapat diterapkan pada sebagian afrad kulli yang lain dan sebagian lagi tidak bisa diterapkan. Misal: tashawwur manusia dan tashawwur putih. Kedua tashawwur kulli ini bersatu pada seorang manusia yang putih, tetapi terkadang keduanya berpisah seperti pada orang yang hitam dan pada kapur tulis yang putih.

Hudud dan Ta'rifat

Kita sepakat bahwa masih banyak hal yang belum kita ketahui (majhul). Dan sesuai dengan fitrah, kita selalu ingin dan mencari tahu tentang hal-hal yang masih majhul. Telah dibahas bahwa manusia memiliki ilmu dan pengetahuan (ma'lûm), baik tashawwuri ataupun tashdiqi. Majhul (jahil) sebagai anonim dari ma'lûm (ilmu), juga terbagi menjadi dua majhul tashawwuri dan majhul tashdiqi. Untuk mengetahui hal-hal majhul tashawwuri, kita membutuhkan ma'lûm tashaswwuri. (Lihat definisi berpikir. Pencarian majhul tashawwur dinamakan "had" atau "ta'rif".

Had/ta'rif adalah sebuah jawaban dan keterangan yang didahului pertanyaan "Apa?". Saat menghadapi sesuatu yang belum kita ketahui (majhul), kita akan segara bertanya "apa itu?". Artinya, kita bertanya tentang esensi dan hakikat sesuatu itu. Jawaban dan keterangan yang diberikan adalah had (definisi) dari sesuatu itu. Oleh karena itu, dalam disiplin ilmu, mendefinisikan suatu materi yang akan dibahas penting sekali sebelum membahas lebih lanjut masalah-masalah yang berkaitan dengannya. Perdebatan tentang sesuatu materi akan menjadi sia-sia kalau definisinya belum jelas dan disepakati. Ilmu mantiq bertugas menunjukkan cara membuat had atau definisi yang benar.

Macam-Macam Definisi (Ta'rif)

Setiap definisi bergantung pada kulli yang digunakan. Ada lima kulli yang digunakan untuk mendefinisikan majhul tashawwuri (biasa disebut "kulliyat khamsah"). Lima kulli itu adalah: [1] Nau' (spesies), [2] jins (genius), [3] fashl (diferentia), [4] 'aradh 'aam (common accidens) dan [5] 'aradh khas (proper accidens). Pembahasan tentang kulliyat khamsah ini secara detail termasuk pembahasan filsafat, bukan pembahasan mantiq.

1. Had Tâm, adalah definisi yang menggunakan jins dan fashl untuk menjelaskan bagian-bagian dari esensi yang majhul. Misal: Apakah manusia itu? Jawabannya adalah "Hewan yang berpikir (natiq)". "Hewan" adalah jins manusia, dan "berpikir" adalah fashl manusia. Keduanya merupakan bagian dari esensi manusia.

2. Had Nâqish, adalah definisi yang menggunakan jins saja. Misal: "Manusia adalah hewan". Hewan adalah salah satu dari esensi manusia.

3. Rasam Tâm, adalah definisi yang mengunakan 'ardh khas. Misal: "Manusia adalah wujud yang berjalan, tegak lurus dan dapat tertawa". "Maujud yang berjalan", "tegak lurus" dan "tertawa" bukan bagian dari esensi manusia, tetapi hanya bagian yang eksiden.

4. Rasam Nâqish, adalah definisi yang menggunakan 'ardh 'âm, misalnya, "Manusia adalah wujud yang berjalan".

Qadhiyyah (Proposisi)

Sebagaimana yang telah kita ketahui, tashdiqi adalah penilaian dan penghukuman atas sesuatu dengan sesuatu yang lain (seperti: gunung itu indah; manusia itu bukan kera dan lain sebagainya). Atas dasar itu, tashdiq berkaitan dengan dua hal: maudhu' dan mahmul ("gunung" sebagai maudhu' dan "indah" sebagai mahmul). Gabungan dari dua sesuatu itu disebut qadhiyyah (proposisi).

Macam-macam Qadhiyyah.

Setiap qadhiyyah terdiri dari tiga unsur: 1) mawdhu', 2) mahmul dan 3) rabithah (hubungan antara mawdhu' dan mahmul). Berdasarkan masing-masing unsur itu, qadhiyyah dibagi menjadi beberapa bagian. Berdasarkan rabithah-nya, qadhiyyah dibagi menjadi dua: hamliyyah (proposisi kategoris) dan syarthiyyah (proposisi hipotesis).

Qadhiyyah hamliyyah adalah qadhiyyah yang terdiri dari mawdhu', mahmul dan rabithah.

Lebih jelasnya, ketika kita membayangkan sesuatu, lalu kita menilai atau menetapkan atasnya sesuatu yang lain, maka sesuatu yang pertama disebut mawdhu' dan sesuatu yang kedua dinamakan mahmul dan yang menyatukan antara keduanya adalah rabithah. Misalnya: "gunung itu indah". "Gunung" adalah mawdhu', "indah" adalah mahmul dan "itu" adalah rabithah (Qadhiyyah hamliyyah, proposisi kategorik) Terkadang kita menafikan mahmul dari mawdhu'. Misalnya, "gunung itu tidak indah". Yang pertama disebut qadhiyyah hamliyyah mujabah (afirmatif) dan yang kedua disebut qadhiyyah hamliyyah salibah (negatif).

Qadhiyyah syarthiyyah terbentuk dari dua qadhiyyah hamliyah yang dihubungkan dengan huruf syarat seperti, "jika" dan "setiap kali".

Contoh: jika Tuhan itu banyak, maka bumi akan hancur. "Tuhan itu banyak" adalah qadhiyyah hamliyah; demikian pula "bumi akan hancur" sebuah qadhiyyah hamliyah. Kemudian keduanya dihubungkan dengan kata "jika". Qadhiyyah yang pertama (dalam contoh, Tuhan itu banyak) disebut muqaddam dan qadhiyyah yang kedua (dalam contoh, bumi akan hancur) disebut tali. Qadhiyyah syarthiyyah dibagi menjadi dua: muttasilah dan munfasilah. Qadhiyyah syarthiyyah yang menggabungkan antara dua qadhiyyah seperti contoh di atas disebut muttasilah, yang maksudnya bahwa adanya "keseiringan" dan "kebersamaan" antara dua qadhiyyah. Tetapi qadhiyyah syarthiyyah yang menunjukkan adanya perbedaan dan keterpisahan antara dua qadhiyyah disebut munfasilah, seperti, Bila angka itu genap, maka ia bukan ganjil. Antara angka genap dan angka ganjil tidak mungkin kumpul.

Qadhiyyah Mahshurah dan Muhmalah

Pembagian qadhiyyah berdasarkan mawdhu'-nya dibagi menjadi dua: mahshurah dan muhmalah. Mahshurah adalah qadhiyyah yang afrad (realita) mawdhu'-nya ditentukan jumlahnya (kuantitasnya) dengan menggunakan kata "semua" dan "setiap" atau "sebagian" dan "tidak semua". Contohnya, semua manusia akan mati atau sebagian manusia pintar. Sedangkan dalam muhmalah jumlah afrad mawdhu'-nya tidak ditentukan. Contohnya, manusia akan mati, atau manusia itu pintar. Dalam ilmu mantiq, filsafat, eksakta dan ilmu pengetahuan lainnya, qadhiyyah yang dipakai adalah qadhiyyah mahshurah. Qadhiyyah mahshurah terkadang kulliyah (proposisi determinatif general) dan terkadang juz'iyyah (proposisi determinatif partikular) dan qadhiyyah sendiri ada yang mujabah (afirmatif) dan ada yang salibah (negatif) . Maka qadhiyyah mahshurah mempunyai empat macam:

1. Mujabah kulliyyah: Setiap manusia adalah hewan

2. Salibah kulliyyah: Tidak satupun manusia yang berupa batu.

3. Mujabah juz'iyyah: Sebagian manusia pintar

4. Salibah juz'iyyah: Sebagian manusia bukan laki-laki.

Sebenarnya masih banyak lagi pembagian qadhiyyah baik berdasarkan mahmul-nya (qadhiyyah muhassalah dan mu'addlah), atau jihat qadhiyyah (dharuriyyah, daimah dan mumkinah) dan qadhiyyah syarthiyyah muttasilah (haqiqiyyah, maani'atul jama' dan maani'atul khulw). Namun qadhiyyah yang paling banyak dibahas dalam ilmu filsafat, mantiq dan lainnya adalah qadhiyyah mahshurah.

Hukum-Hukum Qadhiyyah

Setelah kita ketahui definisi dan pembagian qadhiyyah, maka pembahasan berikutnya adalah hubungan antara masing-masing dari empat qadhiyyah mahshurah. Pada pembahasan terdahulu telah kita ketahui bahwa terdapat empat macam hubungan antara empat tashawwuri kulli: [1] tabâyun, [2] tasâwi, [3] umum wa khusus mutlak dan [4] umum wa khusus min wajhin. Demikian pula terdapat empat macam hubungan antara masing-masing empat qadhiyyah mahshurah: [1] tanaqudh, [2] tadhadd, [3] dukhul tahta tadhadd dan [4] tadakhul.

  1. Tanaqudh (mutanaqidhain [kontradiktif]) adalah dua qadhiyyah yang mawdhu' dan mahmul-nya sama, tetapi kuantitas (kam) dan kualitasnya (kaif) berbeda, yakni yang satu kulliyah mujabah dan yang lainnya juz'iyyah salibah. Misalnya, "Semua manusia hewan" (kulliyyah mujabah) dengan "Sebagian manusia bukan hewan" (juz'iyyah salibah).
  2. Tadhad (kontrariatif) adalah dua qadhiyah yang sama kuantitasnya (keduanya kulliyyah), tetapi yang satu mujabah dan yang lain salibah. Misalnya, "Semua manusia dapat berpikir" (kulliyyah mujabah) dengan "Tidak satupun dari manusia dapat berpikir" (kulliyyah salibah).
  3. Dukhul tahta tadhad (dakhilatain tahta tadhad [interferensif sub-kontrariatif]) adalah dua qadhiyyah yang sama kuantitasnya (keduanya juz'iyyah), tetapi yang satu mujabah dan lain salibah. Misalnya: "Sebagian manusia pintar" (juz'iyyah mujabah) dengan "Sebagian manusia tidak pintar" (juz'iyyah salibah).
  4. Tadakhul (mutadakhilatain [interferensif]) adalah dua qadhiyyah yang sama kualitasnya tetapi kuantitasnya berbeda. Misalnya: "Semua manusia akan mati" (kulliyyah mujabah) dengan "Sebagian manusia akan mati" (juz'iyyah mujabah) atau "Tidak satupun dari manusia akan kekal" (kulliyyah salibah) dengan "Sebagian manusia tidak kekal" (juz'iyyah salibah). Dua qadhiyyah ini disebut pula Hukum dua qadhiyyah mutanaqidhain (kontradiktif) jika salah satu dari dua qadhiyyah itu benar, maka yang lainnya pasti salah. Demikian pula jika yang satu salah, maka yang lainnya benar. Artinya tidak mungkin (mustahil) keduanya benar atau keduanya salah. Dua qadhiyyah biasa dikenal dengan ijtima' al naqidhain mustahil (kombinasi kontradiktif). Hukum dua qadhiyyah mutadhaddain (kontrariatif), jika salah satu dari dua qadhiyyah itu benar, maka yang lain pasti salah. Tetapi, jika salah satu salah, maka yang lain belum tentu benar. Artinya keduanya tidak mungkin benar, tetapi keduanya mungkin salah. Hukum dua qadhiyyah dakhlatain tahta tadhad (interferensif sub-kontrariatif), jika salah satu dari dua qadhiyyah itu salah, maka yang lain pasti benar. Tetapi, jika yang satu benar, maka yang lain belum tentu salah. Dengan kata lain, kedua qadhiyyah itu tidak mungkin salah, tetapi mungkin saja keduanya benar. Hukum dua qadhiyyah mutadakhilatain (interferentif), berbeda dengan masalah tashawwuri. (Lihat pembahasan tentang nisab arba'ah, pen); bahwa tashawwur kulli (misalnya, manusia) lebih umum dari tashawwur juz'i (misalnya, Ali). Di sini, qadhiyyah kulliyyah lebih khusus dari qadhiyyah juz'iyyah. Artinya, jika qadhiyyah kulliyyah benar, maka qadhiyyah juz'iyyah pasti benar. Tetapi, jika qadhiyyah juz'iyyah benar, maka qadhiyyah kulliyyah belum tentu benar. Misalnya, jika "setiap A adalah B" (qadhiyyah kulliyyah), maka pasti "sebagian A pasti B". Tetapi jika "sebagian A adalah B", maka belum pasti "setiap A adalah B".

Tanaqudh
Salah satu hukum qadhiyyah yang menjadi dasar semua pembahasan mantiq dan filsafat adalah hukum tanaqudh (hukum kontradiksi). Para ahli mantiq dan filsafat menyebutkan bahwa selain mawdhu' dan mahmul dua qadhiyyah mutanaqidhain itu harus sama, juga ada beberapa kesamaan dalam kedua qadhiyyah tersebut. Kesamaan itu terletak pada:

  1. Kesamaan tempat (makan)
  2. Kesamaan waktu (zaman)
  3. Kesamaan kondisi (syart)
  4. Kesamaan korelasi (idhafah)
  5. Kesamaan pada sebagian atau keseluruhan (juz dan kull )
  6. Kesamaan dalam potensi dan aktual (bil quwwah dan bil fi'li).

Pembahasan Istidlal

Istidlal dalam Ilmu Mantiq adalah pembahasan yang sangat penting yang mempunyai tujuan utama yaitu memindahkan sesuatu (berupa pemikiran) yang telah diketahui kepada sesuatu yang belum atau bahkan tidak diketahui sehingga mendapakan suatu kesimpulan dan tujuan yang diinginkan.

Pembagian Istidlal

Istidlal dibagi menjadi 2 bagian :

  1. Istidlal Qiyasi, yaitu sesuatu proses pemecahan pemikiran pada waktu perpindahan pemikiran dari hakikat yang diketahui pada yang tidak diketahui sebagai kaedah diperbolehkannya untuk sampai kepada tujuan, contoh:

Anda adalah yang menapaktilasi kemaslahatan negara.

Setiap orang yang menapaktilasi kemaslahatan nagara, dia adalah warga negara.

Jadi, Anda seorang warga negara.

  1. Istidlal Istiqroi atau Istinbati, yaitu Istidlal yang dibentuk dengan menghubungkan bagian-bagian dan menelitinya secara sempurna yang dapat menyampaikan akal dengan kesimpulan umum. Seperti setelah kita melihat bahwa api dapat mencairkan barang-barang tambang, itu telah menjadi kesimpulan umum, begitu juga dengan yang lainnya.

Qiyas (silogisme)

Pembahasan tentang qadhiyyah sebenarnya pendahuluan dari masalah qiyas, sebagaimana pembahasan tentang tashawwur sebagai pendahuluan dari hudud atau ta'rifat. Dan sebenarnya inti pembahasan mantiq adalah hudud dan qiyas. Qiyas adalah kumpulan dari beberapa qadhiyyah yang berkaitan yang jika benar, maka dengan sendirinya (li dzatihi) akan menghasilkan qadhiyyah yang lain (baru). Sebelum kita lebih lnjut membahas tentang qiyas, ada baiknya kita secara sekilas beberapa macam hujjah (argumentasi ). Manusia disaat ingin mengetahui hal-hal yang majhul, maka terdapat tiga cara untuk mengetahuinya:

  1. Pengetahuan dari juz'i ke juz'i yang lain. Argumenatsi ini sifatnya horisontal, dari sebuah titik yang parsial ke titik parsial lainnya. Argumentasi ini disebut tamtsil (analogi).
  2. Pengetahuan dari juz'i ke kulli. Atau dengan kata lain, dari khusus ke umum (menggeneralisasi yang parsial) Argumentasi ini bersifat vertikal, dan disebut istiqra' (induksi).
  3. Pengetahuan dari kulli ke juz'i. Atau dengan kata lain, dari umum ke khusus. Argumentasi ini disebut qiyas (silogisme).

Bagian-bagian Qiyas:

  1. Ada 3 lafazd yang disebut pembatas, yaitu:
    • Al-Haddul-Ashghor (pembatas kecil), yaitu qadhiyah pada waktu menentukan keputusan menjadi maudhu' (subyek) keputusan. Seperti : khamar.
    • Al-Haddul-Akbar, yaitu qadhiyah pada waktu memutuskan sebagai mahmul. Seperti : Haram.
    • Al-Haddul-Ausath, yaitu sesuatu yang diulang-ulang dalam dua qadhiyah yang pertama dan kedua, seperti : kata "memabukkan"
  2. Terbagi menjadi 3 qadhiyah, yaitu:

o Muqaddimah Shughro, yaitu sesuatu yang mengandung al-Haddul-Ashghor, seperti : Khamar itu memabukkan.

o Muqaddimah Kubro, yaitu sesuatu yang mengandung al-Haddul-Akbar, sepert : Setiap yang memabukkan itu haram.

o Al-Natijah, yaitu sesuatu yang tersusun dari al-Haddul-Ashghor dan Akbar, seperti : Khamar itu haram.

Macam-macam Qiyas

Qiyas dibagi menjadi dua; iqtirani (silogisme kategoris) dan istitsna'i (silogisme hipotesis). Sesuai dengan definisi qiyas di atas, satu qadhiyyah atau beberapa qadhiyyah yang tidak dikaitkan antara satu dengan yang lain tidak akan menghasilkan qadhiyyah baru. Jadi untuk memberikan hasil (konklusi) diperlukan beberapa qadhiyyah yang saling berkaitan. Dan itulah yang namanya qiyas.

1. Qiyas Iqtirani

Qiyas iqtirani adalah qiyas yang mawdhu' dan mahmul natijahnya berada secara terpisah pada dua muqaddimah. Contoh: "Kunci itu besi" dan "setiap besi akan memuai jika dipanaskan", maka "kunci itu akan memuai jika dipanaskan". Qiyas ini terdiri dari tiga qadhiyyah; [1] Kunci itu besi, [2] setiap besi akan memuai jika dipanaskan dan [3] kunci itu akan memuai jika dipanaskan. Qadhiyyah pertama disebut muqaddimah shugra (premis minor), qadhiyyah kedua disebut muqaddimah kubra (premis mayor) dan yang ketiga adalah natijah (konklusi). Natijah merupakan gabungan dari mawdhu' dan mahmul yang sudah tercantum pada dua muqaddimah, yakni, "kunci" (mawdhu') dan "akan memuai jika dipanaskan" (mahmul). Sedangkan "besi" sebagai had awshat. Yang paling berperan dalam qiyas adalah penghubung antara mawdhu' muqadimah shugra dengan mahmul muqaddimah kubra. Penghubung itu disebut had awsath. Had awsath harus berada pada kedua muqaddimah (shugra dan kubra) tetapi tidak tecantum dalam natijah. (Lihat contoh, pen).

Empat Bentuk Qiyas Iqtirani

Qiyas iqtirani kalau dilihat dari letak kedudukan had awsath-nya pada muqaddimah shugra dan kubra mempunyai empat bentuk :

  1. Syakl Awwal, adalah Qiyas yang had awsth-nya menjadi mahmul pada muqaddimah shugra dan menjadi mawdhu' pada muqaddimah kubra. Misalnya, "Setiap Nabi itu makshum", dan "setiap orang makshum adalah teladan yang baik", maka "setiap nabi adalah teladan yang baik". "Makshum" adalah had awsath, yang menjadi mahmul pada muqaddimah shugra dan menjadi mawdhu' pada muqaddimah kubra.

Syarat-syarat syakl awwal.

Syakl awwal akan menghasilkan natijah yang badihi (jelas dan pasti) jika memenuhi dua syarat berikut ini:

a. Muqaddimah shugra harus mujabah.

b. Muqaddimah kubra harus kulliyah.

  1. Syakl Kedua adalah Qiyas yang had awshat-nya menjadi mahmul pada kedua muqaddimah-nya. Misalnya, "Setiap nabi makshum", dan "tidak satupun pendosa itu makshum", maka "tidak satupun dari nabi itu pendosa".

Syarat-syarat syakl kedua.

Kedua muqaddimah harus berbeda dalam kualitasnya (kaif, yakni mujabah dan salibah). Muqaddimah kubra harus kulliyyah.

  1. Syakl Ketiga, adalah Qiyas yang had awshat-nya menjadi mawdhu' pada kedua muqaddimahnya. Misalnya, "Setiap nabi makshum", dan "sebagian nabi adalah imam", maka "sebagian orang makshum adalah imam".

Syarat-syarat Syakl ketiga.

a. Muqaddimah sughra harus mujabah.

b. Salah satu dari kedua muqaddimah harus kulliyyah.

  1. Syakal Keempat adalah Qiyas yang had awsath-nya menjadi mawdhu' pada muqaddimah shugra dan menjadi mahmul pada muqaddimah kubra (kebalikan dari syakl awwal.)

Syarat-syarat Syakl keempat.

a. Kedua muqaddimahnya harus mujabah.

b. Muqaddimah shugra harus kulliyyah. Atau

c. Kedua muqaddimahnya harus berbeda kualitasnya (kaif)

d. Salah satu dari keduanya harus kulliyyah.

Catatan:

Menurut para mantiqiyyin, bentuk qiyas iqtirani yang badihi (jelas sekali) adalah yang pertama sedangkan yang kedua dan ketiga membutuhkan pemikiran. Adapun yang keempat sangat sulit diterima oleh pikiran. Oleh karena itu Aristoteles sebagai penyusun mantiq yang pertama tidak mencantumkan bentuk yang keempat.

2. Qiyas Istitsna'i

Berbeda dengan qiyas iqtirani, qiyas ini terbentuk dari qadhiyyah syarthiyyah dan qadhiyyah hamliyyah. Misalnya, "Jika Muhammad itu utusan Allah, maka dia mempunyai mukjizat. Oleh karena dia mempunyai mukjizat, berarti dia utusan Allah". Penjelasannya: "Jika Muhammad itu utusan Allah, maka dia mempunyai mukjizat" adalah qadhiyyah syarthiyyah yang terdiri dari muqaddam dan tali (lihat definisi qadhiyyah syarthiyyah), dan "Dia mempunyai mukjizat" adalah qadhiyyah hamliyyah. Sedangkan "maka dia mempunyai mukjizat" adalah natijah. Dinamakan istitsna'i karena terdapat kata " tetapi", atau "oleh karena". Macam-Macam Qiyas istitsna'i (silogisme) Ada empat macam qiyas istitsna'i: Muqaddam positif dan tali positif. Misalnya, "Jika Muhammad utusan Allah, maka dia mempunyai mukjizat. Tetapi Muhammad mempunyai mukjizat berarti Dia utusan Allah". Muqaddam negatif dan tali positif. Misalnya, "Jika Tuhan itu tidak satu, maka bumi ini akan hancur. Tetapi bumi tidak hancur, berarti Tuhan satu (tidak tidak satu)". Tali negatif dan muqaddam negatif. Misalnya, "Jika Muhammad bukan nabi, maka dia tidak mempunyai mukjizat. Tetapi dia mempunyai mukjizat, berarti dia Nabi (bukan bukan nabi)". Tali negatif dan muqaddam positif. Misalnya, "Jika Fir'aun itu Tuhan, maka dia tidak akan binasa. Tetapi dia binasa, berarti dia bukan Tuhan".

Bentuk-bentuk Qiyas

Sebagaimana diketahui, bahwa qiyas mengandung tiga batas diantaranya: al-Haddul-Ausath, yaitu yang disebut terulang-ulang di dalam dua muqaddimah; sedangkan dua had yang lain terletak di muqaddimah dan natijah (kesimpulan).

Al-Haddul-Ausath diletakkan di dalam dua muqaddimah adalah berbeda, sekali maudhu'nya terdapat di dalam dua muqaddimah dan sekali terdapat mahmul di dalam dua muqaddimah.

Serta kadang-kadang maudhu'nya terdapat di dalam salah satunya dan yang lainnya adalah mahmul.

Keadaan qiyas yang haddul-Ausathnya terletak di dua muqaddimah disebut syaklu-qiyas (bentuk qiyas).

Adapun jumlah bentuk qiyas ada 4 macam:

  1. Qiyas yang haddul-Ausathnya menjadi mahmul di qadhiyah sughro dan menjadi maudhu' di qadhiyah kubro. Dengan ketentuan, yaitu:

a. Ijabus-Shughro, yaitu ijab pada muqaddimah shughro.

b. Kulliyah kubro, yaitu kulliah pada muqaddimah kubro.

Seperti:

    • Semua tumbuhan itu tumbuh
    • Semua yang tumbuh membutuhkan makanan
    • Semua tumbuhan itu membutuhkan makan.
  1. Qiyas yang haddul-Ausathnya menjadi mahmul di dalam dua muqaddimah. Dengan ketentuan, yaitu:

a. Perbedaan dalam dua muqaddimah di dalam caranya baik ijab maupun salb.

b. Kulliyah muqaddimah kubro, yaitu adanya bentuk kulliyah dalam muqaddimah kubro.

Seperti:

· Semua emas itu adalah barang tambang

· Tidak ada sesuatu dari tumbuhan itu barang tambang

· Tidak ada sesuatu dari emas itu tumbuhan.

  1. Qiyas yang haddul-Ausathnya menjadi maudhu' di dalam dua muqaddimah. Dengan ketentuan, yaitu:

a. Ijabul Muqaddimah Shughro

b. Kulliyah pada salah satu dua muqaddimah.

Seperti:

· Setiap makhluk itu berubah

· Setiap makhluk itu fana

· Setiap yang berubah itu fana.

  1. Qiyas yang haddul-Ausathnya menjadi maudhu' di qadhiyah sughro dan menjadi mahmul di qadhiyah kubro. Dengan ketentuan, yaitu:

a. Apabila tidak terdapat mujibah juz'iyah pada muqaddimah shughro, maka tidak diperbolehkan mengumpulkan di dalamnya salibah dengan juz'iyah (jumlah negatif dan jumlah yang berarti sebagian).

b. Apabila terdapat mujibah juz'iyah pada muqaddimah shughro, maka wajib terdapat salibah kuliyah pada muqaddimah kubro.

Seperti:

· Tiap-tiap tumbuhan itu tumbuh

· Tiap-tiap yang berbuah itu adalah tumbuhan

· Sebagian yang tumbuh itu berbuah.

Al-Qiyas Al-Istironi al-Syarthi

Qiyas ini mengandung qadhiyah syartiyah yang terbagi menjadi 5 bagian:

1. Yang tersusun dari dua syarat yang bersambung, contoh : apabila seseorang menjaga kesehatan, maka sedikitlah sakit yang menimpanya, apabila sedikit sakit yang menimpanya, maka merasakan senang dengan kesehatan dan kehidupan yang bahagia.

2. Yang tersusun dari dua syarat yang berpisah, contoh : Setiap siswa kadang rajin dan kadang tidak rajin. Setiap yang tidak rajin kadang pemalas dan kadang lemah tubuhnya.

3. Yang tersusun dari syarat yang bersambung dan syarat yang terputus, contoh : Bila ucapan itu tersusun dari maudhu' dan mahmul, maka itu adalah qadhiyah. Setiap qadhiyah kadang betul dan kadang bohong.

Bila ucapan itu tersusun dari maudhu' dan mahmul, maka kadang betul dan kadang bohong.

4. Yang tersusun dari syarat yang bersambung dan hamliyah, contoh : setiap umat yang menghukumi dirinya sandiri, maka itu adalah penghulu dan setiap umat yang memiliki kepenghuluan maka itu adalah kemerdekaan.

Bila umat menghukumi dirinya sendiri, maka dia adalah orang yang merdeka.

5. yang tersusun dari syarat yang terputus dan hamliyah, contoh : kadang jisim itu tumbuh dan kadang tidak tumbuh, dan setiap yang tumbuh itu membutuhkan makan.

Kadang jisim itu tidak tumbuh dan kadang jisim itu membutuhkan pada makan.

Al-Qiyas al-Istitsna'i

Qiyas Istitsna' adalah qiyas yang tersusun dengan dua muqaddimah yang salah satunya adalah syartiyah yang ada di awal (muqaddimah kubro = premis mayor) dan yang kedua istitsna'iyah (premis yang didahului oeh adat istitsna' yaitu tapi (minor)). Qiyas Istitsna' ini adalah kebalikan dari qiyas iqtironi.

Qiyas istitsna' terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:

  1. Istitsna' yang bersambung, yaitu istitsna' yang muqaddimah kubronya adalah syarat yang bersambung.
  2. Istitsna' yang terpisah, yaitu istitsna' yang muqaddimah kubronya sebagai syarat yang terpisah.

Syarat qiyas istitsna', yaitu Jika qadhiyah syarthiyah itu mujibah dan jika terdapat luzumiyah dalam muttasillah dan 'inadiyah dalam munfashilah, maka tidak akan ada kesimpulan (natijah).

Pembahasan Tentang Hubungan Qiyas

Qiyas dalam Ilmu Mantiq berhubungan dengan qiyas murakkab, istiqro', dan tamtsil.

  1. Qiyas murakkab, yaitu qiyas yang tersusun dari dua qiyas yang berasasl dari beberapa qiyas yang masing-masing kesimpulan menjadi muqaddimah terhadap qiyas berikutnya, seperti:

· Ini adalah emas

· Dan tiap-tiap emas adalah logam

· Dan tiap-tiap logam akan berkembang karena panas

· Ini berkembang karena panas.

2. Qiyas istiqra', yaitu suatu ketetapan yang bersifat umum yang berasal dari ketetapan-ketetapan sebagian.

Qiyas istiqro' terbagi menjadi 2 macam, yaitu:

    1. Tam, yaitu menyimpulkan ketentuan juz'iyah menjadi ketetapan yang menyeluruh yang mencakup juz'iyah tersebut. Tam ini berfaedah memberikan kita sifat yakin.
    2. Naqis, yaitu meneliti ketentuan juz'iyah yang mungkin dapat disimpulkan menjadi ketentuan yang menyeluruh bagi juz'iyah tersebut dan yang lainnya. Naqis ini berfaedah masih dalam keraguan yaitu hanya dugaan semata.

3. Tamtsil, yaitu ketetapan hukum suatu juz'iyah bagi juz'iyah yang lain dikarenakan adanya kesamaan antara keduanya. Seperti hukum khamar diqiyaskan kepada hukum anggur dengan ketetapan memabukkan.

Al-Aghalith wal mughalathah (Kekeliruan dalam Qiyas)

Kekeliruan ini disebut kekeliruan logika yang tidak disengaja dan kadang kala orang itu dibuat keliru oleh musuhnya lalu dia sengaja menjatuhkan diri dalam kekeliruan atau sengaja membuat kekeliruan agar dapat mengalahkan musuhnya. Maka hal itu merupakan kesalahan yang disengaja atau sering disebut Safsathoh.

Bagian-bagian kekeliruan dalam qiyas:

  1. Kekeliruan dalam segi bentuk qiyas, yaitu kekeliruan premis minor pada bentuk yang pertama dan pada lafadz kulli dalam salah satu dari dua premis di bentuk yang ketiga.
  2. Kekeliruan dalam segi materi qiyas, yaitu di dalam qadhiyah-qadhiyahnya yang tidak nampak karena kekeliruan salah satu syarat. Seperti menggunakan premis yang belum teruji kebenarannya.

Kekeliruan pada Bentuk

Diantaranya adalah

  1. Bahwa term tengahnya merupakan lafadz musytarak yang dipergunakan dalam salah satu dari dua premis dengan suatu makna dan dalam makna yang lain.
  2. Mengungkapkan dua term yaitu tengah dan minor dengan dua isim (dua kata benda) yang sama.
  3. Mengungkapkan dua term yaitu tengah dan mayor dengan dua isim (dua kata benda) yang serupa.
  4. Membentuk konklusi kuliyah mujibah (universal positif) atau salibah (negatif) dari bentuk yang ketiga.
  5. Mengambil konklusi mujibah kulliyah (afermative universal) atau juz'iyah (partikular) dari bentuk yang kedua.
  6. Menyimpulkan qadhiyah muqaddam (premis yang terletak di muka) berdasarkan pengecualian qadhiyah taali (premis berikutnya).

Kekeliruan pada materi

Diantaranya adalah

  1. Menetapkan bagi setiap individu dengan apa yang sudah menjadi ketetapan bagi individu tertentu dalam situasi tertentu.
  2. Menetapkan bagi sesuatu dalam situasi khusus suatu hukum yang menjadi ketetapan secara umum.
  3. Menetapkan sesuatu bagi sesuatu secara umum akan hukum yang telah ditetapkan pada situasi khusus.
  4. Menjadikan sesuatu dengan potensinya pada tempat sesuatu pada kerjanya.
  5. Memberikan hukum nau' (macam) terhadap terhadap sesuatu yang yang berkategori jenis.
  6. Berpegang pada yang terkenal.

Sebab-sebab kekeliruan

  1. Mengambil keputusan secara buru-buru.
  2. Mudahnya mendengarkan.
  3. Fanatik dari satu pendapat.
  4. Pengaruh adat kebiasaan.
  5. Kecenderungan dan keinginan.
  6. Kesenangan yang berbeda.
  7. Menyenangkan terhadap yang mengagumkan.

Al-Burhan

Al-Burhan ialah sesuatu yang tersusun dari muqadimah-muqadimah yang dapat dipastikan keyakinannya untuk menghasilkan sesuatu yang yakin, seperti: empat itu adalah genap dan lima itu adalah ganjil.

Qadiyah-qadiyah (proporsi) yang pasti ada dua bagian, yaitu:

  1. Dhoruriyat (yang pasti)
  2. Nadhoriyat (berdasarkan pikiran)

Qadhiyah-qadhiyah dhoruriyat ada 6, yaitu:

  1. Awwaliyat ialah qadhiyah-qadhiyah yang mana akal terhadap qadhiyah itu dapat memastikan dengan mengambil pengertian dua ujung (dua qadhiyah). Contoh: kul itu lebih besar daripada juz, satu itu setengah dari dua.
  2. Musyahadat (persaksian) ialah qadhiyah yang dapat dicari dengan indra lahir, seperti: matahari itu bersinar, api itu membakar, bunga mawar itu enak baunya, madu itu manis rasanya, burung bul-bul itu bagus suaranya.
  3. Wujdaniyat ialah qadhiyah yang dicari dengan indra batin, seperti: lapar itu menyakitkan, takut itu menggetarkan, kesuksesan itu menggembirakan.
  4. Mujarrobat (eksperimen) ialah qadhiyah yang dipastikan oleh akal setelah adanya penyaksian yang berulang-ulang, seperti: daun sinamuki itu memuruskan.
  5. Khadasiyat ialah qadhiyah yang dipastikan oleh akal dengan dugaan yang kuat dalam jiwa yang berguna bagi pengetahuan, seperti: bumi itu bundar.
  6. Mutawatirot ialah qadhiyah yang dipastikan oleh akal melalui berita dari sejumlah orang yang tidak mungkin mereka sepakat dalam dusta, seperti: mekkah itu ada di Hijaz dan mesir itu ada di Afrika.

Adapun nadhoriyat ialah qadhiyah yang terhadap akal memastikan melalui renungan dan pemikiran, seperti: alam itu baru. Maka keputusan/hukum barunya alam adalah pemikiran (hasil renungan) karena hal itu diperoleh dari renungan dan pemikiran. Sebagaimana alasan kita dalam menunjukkan hal tersebut: alam itu berubah dan segala yang berubah adalah baru, maka konklusi ini adalah bersifat pasti. Sebab konklusi itu dihasilkan dengan jalan yang pasti apabila qiyas yang tersusun dari konklusi seperti itu maka qiyas itu menjadi burhan.

و الله اعلم بالصواب

3 komentar:

Bintang Kecil mengatakan...

maaf , kayaknya pada pengertian rasm tam dan rasm naqish terbalik . . .:)

danar haidar mengatakan...

Bintang Kecil@ kalau menurut saya pemaparan penulis itu sudah benar.

Unknown mengatakan...

Barakallah untuk penulis.. pembahasan konfrehensif yang ringkas dan jelas tentang manthik yang ditulis telah sangat membantu saya, terutama dalam menerjemahkan istilah-istilah arab-manthiq ke bahasa Indonesia, dan memahami beberapa materi tentang proposisi dan oposisi.

Jazakallah :)