Rabu, 03 Februari 2010

Hadis-hadis Pilihan

1. عن أبي هُرَيْرَةَ قال كان النبيُّ صلى الله عليه وسلم بارزًا يومًا للناسِ فأَتاه رجلٌ فقال: ما الإيمان قال: الإيمان أن تؤمنَ بالله وملائكتِهِ وبلقائِهِ وبرسلِهِ وتؤمَن بالبعثِ قال: ما الإسلامُ قال: الإسلامُ أن تعبدَ اللهَ ولا تشركَ به وتقيمَ الصلاةَ وتؤدِّيَ الزكاةَ المفروضةَ وتصومَ رمضانَ قال: ما الإحسان قال: أن تعبدَ الله كأنك تراهُ، فإِن لم تكن تراه فإِنه يراك قال: متى الساعةُ قال: ما المسئولُ عنها بأَعْلَم مِنَ السائل، وسأُخبرُكَ عن أشراطِها؛ إِذا وَلَدَتِ الأَمَةُ رَبَّهَا، وَإِذا تطاولَ رُعاةُ الإبِلِ البَهْمُ في البنيان، في خمسٍ لا يعلمهنَّ إِلاَّ الله ثم تلا النبيُّ صلى الله عليه وسلم (إِنَّ الله عنده علم الساعة ) الآية: ثم أدبر فقال: رُدُّوه فلم يَرَوْا شيئاً فقال: هذا جبريل جاءَ يُعَلِّمُ الناسَ دينَهم
Dari abu hurairah ra berkata pada hari nabi saw berkumpul dengan para sahabat, tiba-tiba malaikat jibril mendatangi beliau lalu bertanya :"Apakah iman itu?", lalu rasulullah menjawab :"Iman adalah percaya pada Allah, para malaikat-Nya, akan bertemu dengan-Nya, para Utusan-Nya, dan percaya pada hari kiamat". Lalu malaikat jibril bertanya kembali :"Apakah Islam itu?", lalu Rasul pun menjawab :"Islam itu adalah beribadah pada Allah dan tidak menyekutukan-Nya, melaksanakan shalat, membayar zakat yang diwajibkan, dan berpuasa pada bulan ramadhan". Lalu malaikat jibril bertanya kembali :"Apakah Ihsan itu?", lalu Rasul pun menjawab :"engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, jika engkau tidak bisa melihat-nya, maka sesungguhnya Allah melihatmu". Lalu malaikat jibril bertanya kembali :"kapan hari kiamat itu akan tiba?", lalu Rasul pun menjawab :"yang ditanyai tidaklah lebih tahu daripada yang bertanya, tapi saya akan memberitahumu tanda-tandanya : Apabila budak melahirkan tuannya, dan apabila para pengembala unta yang sangat miskin itu berlomba-lomba meninggikan rumahnya, dan juga ada lima tanda lagi yang tidak mengetahuinya kecuali Allah SWT kemudian Nabi saw membaca ayat: yang artinya:"Sesungguhnya Allah mengetahui akan hari kiamat". Kemudian malaikat jibril itu berpaling dan meninggalkan tempat itu, lalu Rasulullah saw bersabda :"Inilah malaikat jibril, datang untuk mengajarkan ilmu agama pada pemeluknya".

2. عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم :« لاَ يَزْنِى الزَّانِى حِينَ يَزْنِى وَهُوَ مُؤْمِنٌ وَلاَ يَشْرَبُ الْخَمْرَ حِينَ يَشْرَبُهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ وَلاَ يَسْرِقُ السَّارِقُ حِينَ يَسْرِقُهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ وَلاَ يَنْتَهِبُ نُهْبَةً يَرْفَعُ النَّاسُ إِلَيْهِ فِيهَا أَبْصَارَهُمْ حِينَ يَنْتَهِبُهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ ».
Dari Abu Hurairah ra berkata : Rasulullah saw bersabda : orang yang gemar berzina itu tidak akan melakukan perbuatannya itu ketika dalam keadaan beriman, dan orang yang suka minum minuman keras tidak akan melakukan perbuatannya itu ketika dalam keadaan beriman, juga orang yang suka mencuri tidak akan melakukan perbuatannya itu ketika dalam keadaan beriman, demikian juga orang yang suka merampok, ia tidak akan merampok dalam keadaan beriman.

3. عَن ابْنِ عُمَرَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ بِرَجُلٍ وَهُوَ يَعِظُ أَخَاهُ فِي الْحَيَاءِ فَقَالَ: دَعْهُ فَإِنَّ الْحَيَاءَ مِنَ الْإِيْمَان.وَأَخْرَجَهُ مُسْلِم.
Dari Ibnu 'Umar ra sesungguhnya Nabi saw melewati seorang laki-laki yang sedang menasehati saudaranya tentang malu, kemudian nabi bersabda : Biarkanlah dia karena sesungguhnya malu itu sebagian dari iman. (HR. Imam Muslim)


4. عن عائشة عن النبي صلى الله عليه و سلم قال ( سددوا وقاربوا وأبشروا فإنه لا يدخل أحدا الجنة عمله ) . قالوا ولا أنت يا رسول الله ؟ قال ( ولا أنا إلا أن يتغمدني الله بمغفرة ورحمة) .
Dari Aisyah dari Nabi saw bersabda:”Istiqomahlah dalam beramal dan berkata jujur, beramallah semampu kalian, dan berbahagialah, karena amal seseorang itu tidak dapat mengantarkannya ke surga”. Para sahabat bertanya :”Begitu pula engkau wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab :”Saya pun tidak, kecuali Allah menutupiku dengan ampunan dan rahamatnya”.

5. عن أبي هريرة : أنه سمع رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول ( أرأيتم لو أن نهرا بباب أحدكم يغتسل فيه كل يوم خمسا ما تقول ذلك يبقي من درنه ) . قالوا لا يبقى من درنه شيئا قال ( فذلك مثل الصلوات الخمس يمحو الله بها الخطايا ) .
Dari Abu Hurairah ra. mendengar rasulullah saw bersabda:”Tahukah kamu sekalian bahwa apabila suatu sungai membentang di pintu salah seorang kalian, lalu salah seorang dari kamu sekalian mandi di sungai itu lima kali sehari, dan kamu tidak akan mengatakan bahwa kotoran badannya masih tersisa?” lalu para sahabat menjawab:”Tidak sedikitpun kotoran badannya tersisa”. Lalu Rasulullah saw bersabda: “Begitulah perumpamaan shalat lima waktu itu, melaluinya Allah akan menghapus dosa-dosa”.

6. عن أبي هريرة فقلت إني سألت الله أن يرزقني جليسا صالحا فحدثني بحديث سمعته من رسول الله صلى الله عليه و سلم لعل الله أن ينفعني به فقال سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول إن أول ما يحاسب به العبد يوم القيامة من عمله صلاته فإن صلحت فقد أفلح وأنجح وإن فسدت فقد خاب وخسر فإن انتقص من فريضته شيء قال الرب عز و جل انظروا هل لعبدي من تطوع ؟ فيكمل بها ما انتقص من الفريضة ثم يكون سائر عمله على ذلك
Dari abu hurairah berkata aku mendengar Rasulullah saw bersabda:”Amalan seorang hamba yang paling pertama dihisab pada hari kiamat adalah shalat, apabila shalatnya sempurna maka ia beruntung dan sukses dan apabila shalatnya rusak maka ia akan menyesal dan merugi, dan apabila terdapat sesuatu yang kurang dari Shalat fardhunya, Allah berfirman:”Lihatlah (wahai para malaikat) apakah hamba-Ku ini memiliki amalan Shalat Sunnah? Kemudian disempurnakan yang kurang itu dengan amalan Shalat sunnah itu, selanjutnya baru amalan-amalan lainnya yang dihisab.

7. عن أبي هريرة : أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال ( إذا صلى أحدكم للناس فليخفف فإنه منهم الضعيف والسقيم والكبير وإذا صلى أحدكم لنفسه فليطول ما شاء
Dari abu hurairah bahwasanya Rasulullah saw bersabda :”Apabila salah seorang kalian shalat menjadi imam maka ringankanlah bacaannya karena sesungguhnya dari makmum ada yang lemah, sakit dah telah lanjut usia. Dan apabila salah seorang kalian shalat dalam keadaan sendiri, maka perpanjanglah bacaannya sekehendak kalian.

8. فصلوا أيها الناس في بيوتكم فإن أفضل صلاة المرء في بيته إلا الصلاة المكتوبة
Wahai orang-orang sekalian shalatlah kalian di rumah-rumah kalian karena sesungguhnya keutamaan shalatnya seseorang itu adalah di rumahnya kecuali shalat yang diwajibkan (shalat fardhu).

9. عن عبد الرحمن : سمعت أبا هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال ( لولا أن أشق على أمتي لأمرتهم بالسواك عند كل الصلاة) .
Dari abdurrahaman : aku mendengar abu hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda :”kalau saja tidak memberatkan kepada umatku, pasti aku akan menyuruh mereka untuk bersiwak setiap kali hendak shalat”.

10. عن أبي موسى رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه و سلم قال له : ( يا أبا موسى لقد أوتيت مزمارا من مزامير آل داود .
Dari abu musa bahwa rasulullah saw pernah berkata kepadanya :”Wahai Abu Musa engkau telah diberi sebuah seruling dari keluarga Nabi Daud as.

11. عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ - رضى الله عنه - قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ ». وَأَخْرَجَهُ مُسْلِم
Dari Abu Hurairah ra. Berkata Rasulullah saw bersabda:”Semua amalan (baik) manusia akan dilipatgandakan sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman kecuali ibadah puasa, karena puasa itu untuk-Ku, dan akulah yang sendiri yang akan menilainya, karena orang yang berpuasa itu meninggalkan syhwat (hawa nafsu) dan makanannya karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa ia memiliki dua sisi kebahagiaan, yang pertama pada saat berbuka puasa, dan yang kedua pada saat menjumpai tuhannya. Dan sesungguhnya aroma mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi daripada minyak kasturi di sisi Allah SWT. (HR. Imam Muslim).
12. حدثنا هناد حدثنا عبد الرحيم عن عبد الملك بن أبي سليمان عن عطاء عن زيد بن خالد الجهني : قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من فطر صائما كان له مثل أجره غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيئا
Dari Zaid bin Kholid al-Juhni berkata: Rasulullah saw beersabda orang yang memberikan makanan pada waktu berbuka kepada orang yang sedang berpuasa, maka baginya pahala seperti pahala yang berpuasa tidak kurang sedikitpun”.
13. عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ خَطَبَنَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ « أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ فَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمُ الْحَجَّ فَحُجُّوا ». فَقَالَ رَجُلٌ أَكُلَّ عَامٍ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَسَكَتَ حَتَّى قَالَهَا ثَلاَثًا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لَوْ قُلْتُ نَعَمْ لَوَجَبَتْ وَلَمَا اسْتَطَعْتُمْ - ثُمَّ قَالَ - ذَرُونِى مَا تَرَكْتُكُمْ فَإِنَّمَا هَلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ بِكَثْرَةِ سُؤَالِهِمْ وَاخْتِلاَفِهِمْ عَلَى أَنْبِيَائِهِمْ فَإِذَا أَمَرْتُكُمْ بِشَىْءٍ فَأْتُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَإِذَا نَهَيْتُكُمْ عَنْ شَىْءٍ فَدَعُوهُ » .
Dari abu hurairah berkata bahwa rasulullah saw berkhutbah kepada kami dan bersabda:”Wahai manusia, Allah telah mewajibkan kalian untuk melaksanakan ibadah haji, maka laksanakanlah”. Kemudian salah seorang laki-laki (aqra’ bin habis) bertanya:”Apakah wajib setiap tahun wahai Rasulullah?” maka rasulullah diam samapai lelaki itu mengulang pertanyaannnya tiga kali lalu bersabda:”Kalau saya mengiakan niscaya akan wajib pada setiap tahun dan kalianpun tidak akan sanggup melaksanakannya”. Kemudian Rasulullah bersabda lagi :”Tinggalkanllah apa yang aku tinggalkan, ketahuilah bahwa umat-umat sebelum kalian celaka karena mereka banyak bertanya dan menyalahi Nabi-nabi mereka. Apabila aku memerintahkan sesuatu maka laksanakanlah semampunya dan apabila melarang melakukan sesuatu maka tinggalkanlah”.

14. عن أبي هريرة : أن رسول الله صلى الله عليه و سلم سئل أي العمل أفضل ؟ فقال ( إيمان بالله ورسوله ) . قيل ثم ماذا ؟ قال ( الجهاد في سبيل الله ) . قيل ثم ماذا ؟ قال (حج مبرور )
Dari Abu hurairah ra bahwasanya Rasulullah saw ditanya:”Kebajikan yang mana yang paling utama?” Beliau menjawab:”Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya”. Kemudian ditanya kembali:”Apa yang berikutnya?” beliau menjawab:”Jihad di jalan Allah”. Kemudian lagi ditanya kembali:”Yang berikutnya apa?” beliau menjawab:”Haji yang mabrur”.
15. عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : سمعت النبي صلى الله عليه و سلم يقول ( من حج لله فلم يرفث ولم يفسق رجع كيوم ولدته أمه )
Dari abu hurairah ra berkata: aku mendengar rasulullah saw bersabda:”orang yang melakukan ibadah haji semata-mata karena Allah dan tidak berkata kotor dan tidak berbuat fasik, maka ia akan kembali seperti pada saat ia baru dilahirkan oleh ibunya”.


16. أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ :« الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يُسْلِمُهُ مَنْ كَانَ فِى حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِى حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ بِهَا كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ». رَوَاهُ الْبُخَارِىُّ فِى الصَّحِيحِ
Sesungguhnya Abdullah bin 'Umar mengabarkan bahwa Rasulullah saw bersabda :"Seorang muslim itu saudara bagi muslim yang lain, ia tidak boleh menzhalimi dan menghinanya, dan barang siapa yang membantu sesama muslim maka Allah akan membantunya, dan orang yang melapangkan musibah sesama muslimnya, maka Allah pun akan melapangkannya ketika ditimpa musibah pada hari kiamat nanti, dan orang yang menutupi keburukan saudara sesama muslimnya, maka Allah akan menutupi keburukannya pada hari kiamat nanti". (HR. Imam Bukhari dalam Shahihnya)
17. عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « السَّاعِى عَلَى الأَرْمَلَةِ وَالْمِسْكِينِ كَالْمُجَاهِدِ فِى سَبِيلِ اللَّهِ
Dari abu hurairah ra dari Nabi saw bersabda:”Orang yang senantiasa membantu perempuan yang tidak bersuami (janda) dan orang miskin ,(akan mendapatkan pahala) seperti seorang yang berjihad di jalan Allah”.

18. عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- :« الْمُؤْمِنُ الْقَوِىُّ خَيْرٌ وأَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنَ الْمُؤْمِنِ الضَّعِيفِ وَفِى كُلٍّ خَيْرٌ احْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجَزْ وَإِنْ أَصَابَكَ شَىْءٌ فَلاَ تَقُلْ لَوْ أَنِّى فَعَلْتُ كَذَا وَكَذَا قُلْ قَدَّرَ اللَّهُ وَمَا شَاءَ فَعَلَ فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ ». رَوَاهُ مُسْلِمٌ فِى الصَّحِيحِ
Dari Abu Hurairah ra berkata: Rasulullah saw bersabda:"seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada seorang mukmin yang lemah tetapi keduanya itu sama-sama baik. Peliharalah apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah dan jangan bermalas-malasan dalam melakukan kebaikan. Jika kamu ditimpa suatu musibah maka janganlah sesekali mengatakan seandainya saya melakukan yang demikian maka akan begini dan begini, akan tetapi katakanlah bahwa Allah telah mentakdirkan dan apa yang Allah kehendaki pasti akan dilaksanakan, karena berandai-andai itu akan membuka jalan untuk setan. (HR. Imam Muslim dalam Shahihnya)
19. عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيمَةٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ » .
Dari Anas berkata: Rasulullah saw bersabda:”tidak seorang muslim pun yang menanam tanaman, kemudian tanaman itu dimakan burung atau manusia atau binatang kecuali dicatat sebagai sedekah baginya”.
20. عن عبد الله بن عمرو رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه و سلم قال : ( المسلم من سلم المسلمون من لسانه ويده والمهاجر من هجر ما نهى الله عنه )
Dari ‘Abdullah bin ‘amr ra dari Nabi saw bersabda:”Seorang muslim adalah apabila orang muslim lainnya selamat dari lidah dan tangannya, sedangkan orang yang berhijrah adalah orang yang menjauhi apa yang dilarang oleh Allah”.
21. عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « اثْنَتَانِ فِى النَّاسِ هُمَا بِهِمْ كُفْرٌ الطَّعْنُ فِى النَّسَبِ وَالنِّيَاحَةُ عَلَى الْمَيِّتِ ».
Dari abu hurairah ra berkata: Rasulullah saw bersabda:”Dua perkara yang ada dalam diri manusia yang bisa menyebabkan kekufuran, yaitu menghina keturunan dan meratapi orang yang telah meninggal”.
22. أن أمه أم كلثوم بنت عقبة أخبرته : أنها سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول ( ليس الكذاب الذي يصلح بين الناس فينمي خيرا أو يقول خيرا )
‘Ummu kultsum binti ‘Uqbah menceritakan : bahwa ia mendengar Rasulullah saw bersabda:”tidak dikatakan seorang pembohong orang yang selalu membuat kedamaian antara manusia, lalu ia menyampaikan suatu kebaikan atau mengatakan hal-hal yang baik”.

23. حدثنا أنس بن مالك رضي الله عنه قال : قال النبي صلى الله عليه و سلم ( إذا سلم عليكم أهل الكتاب فقولوا وعليكم )
Anas bin Malik ra. bercerita kepada kami bahwa Nabi saw bersabda:”Apabila orang ahli kitab mengucapkan salam kepada kalian maka jawablah dengan Wa’alaikum (dan juga atas kamu sekalian).

Tidak ada komentar: